Minggu, 22 Juli 2012

Pentingnya Kolam Terpal

Sebelumnya Kami Ucapkan Marhaban Ya Ramadhan...

Salam Setia untuk peetani lele baik senior maupun pemula.

Kali ini saya mambagikan artikel pribadi yang saya buat secara pengetahuan yang saya dapat melalui pelatihan di berbagai daerah dan pengalaman pribadi saya. RAHASIA betapa pentingnya kolam terpal untuk benih ukuran dibawah 9cm. Mengapa saya sangat menekankan kata BETAPA PENTINGNYA karena secara alamiah kita tidak dapat mengukur air secara mata telanjang. Nah hubungan antara air kolam tanah (kolam waring) sangat rentan terhadap penyakit di karenankan pengaruh suhu dan pengaruh sekitar serta pengaruh laiinya sangat berperan penting dalam kebaikan dan keburukan tata kelola air kolam.


Dalam pengetahuan saya, baru-baru ini saya mendapat pesanan ikan yang lumayan besar namun dan pemilik kolam pun mengatakan air nya sudah jadi sudah ada pakan alami dalam kolam waring tersebut dan saya cek pun benar bahwa pakan alami yang ada pada kolam tersebut memang sudah banyak dan sudah bagus menurut analisa mata telanjang dan faktor warna air.

Namun apa yang terjadi setelah 4 hari bibit di tebar dan saya mendapat kabar bahwa 15 % bibit dalam keadaaan mati, setelah 2 hari kemudian bibit langsung 50% lebih mati, setelah saya telusuri bahwa keadaan kolam berubah dari hari saya mengantarkan bibit analisa saya menunjukkan
- kelebihan pakan
- air menjadi bau karena endapan pakan
- ada campuran penyedap rasa di dekat kolam
nah setelah saya menganalisa lebih lanjut air itu terkontaminasi pakan berlebihan serta daun yg rontok masuk kedalam kolam serta saya bukan suuzon terhadap tetangga sekitar nya karena saya temukan bekas bungkus penyedap rasa. 

Bumbu penyedap rasa secara kasar saya nyatakan sama dengan racun karena kondisi air akan terkontaminasi secara cepat dan berpengaruh sangat kuat dalam membunuh bibit.

Nah dari sedikit cerita diatas saya bagikan disini karena sangat penting baik untuk para senior dan para pemula untuk memperhatikan kolam apabila ada terjadi kematian bibit secara tidak wajar.

Di sini saya hanya dapat memberikan saran kepada teman-teman yang serius  untuk melakukan pembudidayaaan pembesaran lele, hal hal yang harus di perhatikan yaitu
- Apabila kita memakai kolam waring sebaiknya di 3 minggu pertama bibit seharusnya di tempatkan di kolam terpal terlebih dahulu agar lebih mudah untuk mengelola air kolam
- Wajib siapkan kolam terpal
- Perhitungan kolam terpal 1m persegi dapat menampung s.d 250 bibit setelah 3 minggu di pindah ke   
  kolam terpal
- perhitungan kolam waring 1m persegi dapat menampung maksimal 150 bibit
yang paling penting adalah apabila memiliki kolam terbuka sekiranya dapat di pagar agar tak ada lalu lalang orang karena apabila terlalu banyak yang lewat di sekitar kolam yang harus di perhatikan adalah jahilnya tangan orang karena penyedap rasa pun dapat membunuh ikan secara cepat......

SALAM HENDY HARRY SAPUTRA (OWNER)
semoga artikel ini dapat membantu anda............
ARYA PRATAMA FARM
UNTUK PEMESANAN BIBIT HUBUNGI